Notification

×

Iklan

Iklan

Festival Budaya Silungkang Tempo Dulu: Perayaan Tradisi yang Mengugah Nostalgia

Minggu, 25 Agustus 2024 | 18:47 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-25T11:48:11Z
Sawahlunto -Jejakinformasi.id -Festival Budaya Silungkang Tempo Dulu yang di adakan pada Rabu (21/8), sukses menyatukan ribuan orang dalam perayaan budaya yang menghangatkan hati, sebagian besar berkat pokok pikiran (pokir) yang diinisiasi oleh mantan Anggota Dewan Sawahlunto fraksi PAN, Ir. H. Irland, M.M. Dt. Bosa.

Irland, yang menjabat sebagai Anggota Dewan periode 2019-2024, bersama tim Solid Silungkang memainkan peran kunci dalam menciptakan dan mempromosikan festival ini sebagai salah satu upaya pelestarian budaya yang penting bagi Silungkang. Melalui komitmen dan dedikasinya, festival ini menjadi lebih dari sekadar acara nostalgia, melainkan juga sarana untuk memperkuat identitas budaya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Nagari yang dijuluki dengan nagari Datuk Panglima Selatan itu, mengawali acaranya  dengan pawai beriringan yang dimulai dari Surau Manggis, dan berakhir di Pasar Silungkang. Pawai tersebut menampilkan pakaian adat silungkang tempo doeloe serta berbagai pokok, seperti alat-alat jadul dan makanan khas tempo dulu, yang menggambarkan kehidupan di nagori Silungkang pada masa lalu.


Nabil,Salah satu pemuda Silungkang memberikan komentarnya tentang peran Irland dalam festival ini: "Ir. H. Irland benar-benar sosok yang peduli dengan budaya kita. Kehadirannya selalu membawa perubahan positif," ujarnya dengan penuh antusias.

Meskipun Irland tidak terpilih untuk menjabat kembali dalam pemilihan yang baru-baru ini berlangsung, masyarakat Silungkang menyayangkan hal tersebut. Banyak yang merasakan betapa besar kontribusi yang telah beliau berikan, salah satunya melalui festival yang berhasil membangkitkan semangat budaya lokal. Acara ini bukan hanya memperlihatkan kekayaan warisan budaya Silungkang, tetapi juga dampak positifnya terhadap ekonomi lokal, terutama bagi para pedagang dan pelaku usaha kecil.

Walaupun Irland tidak lagi menjabat, semangat pelestarian budaya yang dia bawa diharapkan terus berlanjut melalui berbagai inisiatif untuk memajukan Negeri Silungkang. "Kami berharap apa yang telah beliau mulai dapat terus berjalan dan berkembang, karena ini penting untuk masa depan budaya kita," ujar nabil

Dengan kesuksesan festival ini, Ir. H. Irland telah meninggalkan jejak yang signifikan di hati masyarakat Silungkang. Terima kasih kepada beliau, warisan budaya Silungkang tetap terjaga, dan semoga semangatnya dalam memajukan masyarakat terus hidup dalam setiap langkah ke depan.(Suherman)
TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita TerbaruUpdate