Notification

×

Iklan

Iklan

Rembuk Stunting 2024 Desa Tugu Rejo Kecamatan Kabawetan Terapkan Pola Gizi

Kamis, 18 Juli 2024 | 21:14 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-18T14:15:12Z
JEJAKINFORMASI.ID Seimbang Dan Usaha Penurunan Pernikahan Dini Bagi Remaja Di Desa Kepahiang_Jejak informasi.id - Kamis ( 18/07/2024 ) Dalam usaha Pencegahan dan penurunan stunting hari ini Pihak Pemerintahan Desa Tugu Rejo melaksanakan kegiatan Rembuk Stunting, dengan agenda untuk menerapkan pola gizi seimbang serta usaha untuk menekan angka pernikahan dini bagi remaja di Desa.

Rembuk Stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah baik Tingkat Kabupaten/kota maupun di tingkat Desa yang bertujuan untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat.
Dalam penerapannya Pemerintah kabupaten bersama dengan Pemerintahan Desa secara bersama-sama akan melakukan konfirmasi, sinkronisasi, dan sinergisme hasil Analisis Situasi dan rancangan Rencana Kegiatan dari OPD penanggung jawab layanan di kabupaten/kota dengan hasil perencanaan partisipatif masyarakat yang dilaksanakan melalui Musrenbang kecamatan dan desa dalam upaya penurunan stunting.

Acara yang dihadiri oleh anggota BPD, babinkamtibmas, Babinsa, camat dan staf, serta tenaga kesehatan, kepala puskesmas bersama staf kemudian kader remaja desa, kader posyandu, Pokja 1, 2, 3, 4 kemudian turut hadir dari Kantor urusan agama kab. Kepahiang yang ditunjuk sebagai narasumber dalam kegiatan Rembuk Stunting hari ini.
Dijelaskan dalam pelaksanaan rembuk stunting di desa Tugu Rejo hari ini dalam upaya untuk pencegahan dan penurunan stunting pihak desa bersamaan dengan pemerintah akan menerapkan pola gizi yang seimbang bagi masyarakat terutama di desa Tugu Rejo ini, kemudian dalam pelaksanaan kegiatan posyandu untuk lebih berperan aktif lagi dalam usaha pencegahan stunting kedepannya nanti. 

Kemudian dijelaskan juga oleh pihak Nara sumber yang hadir dalam acara rembuk stunting untuk lebih mebina lagi remaja yang ada di desa dengan  tujuan memahami masalah remaja yang sering terjadi pada saat ini seperti masalah pernikahan yang belum siap atau masalah pernikahan dini.
Hal tersebut sedikit banyaknya juga berpengaruh dalam peningkatan stunting pada saat ini.

" Semoga setelah acara rembuk stunting ini nanti, kedepannya dapat terlaksanakan dan bermanfaat bagi desa dalam upaya menekan dan mencegah stunting ini, kemudian dengan menerapkan pola gizi yang seimbang selain dari salah satu upaya pencegahan stunting juga usaha untuk meningkat gizi di masyarakat desa ini ".  jelas kepala Desa Tugu Rejo. ( ST )
TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita TerbaruUpdate