Notification

×

Iklan

Iklan

Relawan PKS Tanah Datar Terus Bantu Penanganan Dampak Banjir Lahar Dingin “Galodo” Gunung Merapi.

Minggu, 19 Mei 2024 | 21:56 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-19T14:56:28Z


Tanah Datar, JEJAKINFORMASI.ID Sudah delapan hari sejak Ahad, 12 Mei lalu, relawan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tanah Datar terus berupaya membantu penanganan dampak banjir lahar dingin atau yang dikenal sebagai "Galodo" akibat curah hujan yang tinggi di sekitar Gunung Merapi yang membuat endapan abu vulkanik terbawa hujan menjadikan arus besar dan pekat membawa apa saja yang di lewatinya, semisal batu dan kayu-kayu besar.

Relawan PKS tidak hanya berasal dari Tanah Datar, tetapi juga didukung oleh relawan dari hampir seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS di Sumatera Barat. Pagi ini di support relawan PKS dari Solok, Dharmasraya dan Padang Panjang.

Sejak bencana ini melanda, para relawan PKS bergerak cepat dalam berbagai kegiatan bantuan, mulai dari evakuasi warga, membersihkan fasilitas umum dan rumah warga terdampak, distribusi bantuan logistik, hingga mendirikan dapur umum. Untuk hari ini, kegiatan relawan PKS terpusat di daerah Jao, kecamatan Rambatan, di mana mereka mendirikan posko dan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pangan para korban dan masyarakat yang terdampak serta relawan yang berada disana.

Turut hadir ketua Bidpandu DPW PKS Sumatera Barat, Nosa Ekananda, menyatakan bahwa kehadiran para relawan dari berbagai daerah di Sumatera Barat sangat membantu dalam mempercepat proses penanganan dampak bencana ini, sesuai dengan arahan ketua DPW, H. Mahyeldi Ansharullah. Selanjutnya "Kami berterima kasih atas dukungan dari teman-teman relawan PKS dari seluruh Sumatera Barat. Solidaritas ini sangat berarti bagi masyarakat yang sedang menghadapi musibah," ujarnya.


Dapur umum yang didirikan oleh relawan PKS setiap harinya mampu menyediakan ratusan porsi makanan yang didistribusikan kepada korban banjir lahar dingin. Selain itu, relawan juga aktif dalam membersihkan material lahar dingin yang mengendap di pemukiman dan fasilitas umum, serta memberikan dukungan psikososial kepada warga yang terdampak bencana.


"Ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial kami untuk selalu hadir di tengah masyarakat, terutama saat mereka menghadapi musibah. Kami akan terus berada di sini sampai kondisi benar-benar pulih," tambah Ketua DPD PKS Tanah Datar, Adib Fadhil.


Dengan kerja keras dan dedikasi para relawan, diharapkan upaya ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak dan mempercepat proses pemulihan daerah yang terkena dampak bencana "Galodo" Gunung Merapi. PKS Tanah Datar dan seluruh DPD di Sumatera Barat akan terus bersinergi dalam aksi kemanusiaan ini..(Herman)

TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita TerbaruUpdate