Notification

×

Iklan

Iklan

Giat Ketahanan Pangan Temdak,, 170 KK Mendapatkan Itik 10 Ekor/KK

Jumat, 24 Mei 2024 | 14:20 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-25T15:55:45Z
Kepahiang,Jejakimpormasi.id - Menindak lanjut program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Temdak, hari ini Kamis (16/05/2024) pemerintahan desa temdak realisasi program ketahanan pangan yaitu pembagian itik kepada warga desa.

Sebanyak 170 Kepala Keluarga (KK) mendapatkan ketahanan pangan hewani berupa itik, setiap KK mendapatkan 10 ekor berarti 1700 ekor itik petelur dibagikan kepada warga.

Kepala Desa Temdak (Yoni Carles) menjelaskan jika tahun ini program ketahan pangan desa Temdak berupa Hewani ini salah satu upaya untuk memfokuskan usaha rumahan terutama ibuk rumah tangga yang tidak ada kesibukan.
"Alhamdulilah hari ini kita sudah merealisasikan program ketahan pangan, tahun 2024 ini kita adakan ketahanan pangannya hewani karena di tahun 2023 yang lalu kita sudah realisasi ketahanan pangannya nabati yaitu pupuk dan bibit cabe rawit, biar ada ada selingan dan ini murni hasil musyawarah desa di tahun 2023," jelas Carles.

Lebih lanjut carles menjelaskan jika ketahan pangan tahun 2024 ini di fokuskan untuk usaha rumahan terkhusus ibu-ibu rumah tangga yang tidak ada kegiatan sehingga dengan adanya program ini IRT yang tidak kesibukan bisa ada kegiatan.

"Di tahun ini ketahanan pangan memang sengaja kita fokuskan untuk usaha rumahan, menurut penilaian kami yang paling pas ya usaha itik petelur ini, mengingat untuk pakannya sangat mudah di dapat karena di temdak ini banyaknya persawahan sehingga pakan pokok itik petelur ini adalah dedak padi," lanjut Carles.

Diakhir penjelasan Kades dia sangat berharap kepada masyarakat agar benar-benar bisa mengembangkan usaha ini.
"Besar harapan saya semoga apa yang kita berikan kepada warga masyarakat ini bisa di kembangkan, karena jika di urus sebaik-baiknya ini akan menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup lumayan, sebab jika sudah produksi nanti satu KK akan menghasilkan minimal 7 butir telur itu berarti satu hari menghasilkan Rp 40.000/hari berarti satu bulan bisa menghasilkan Rp 1.200 000," tutup Carles.

Pembagian ketahanan pangan ini sistim door to door di antar langsung oleh TIm Pelaksana Kegiatan (TPK) bersama perangkat desa Temdak.(TR)
TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita TerbaruUpdate