Notification

×

Iklan

Iklan

Anak Sungai Aek Guo Simpang Gambir Meluap Pemukiman Warga di Lorong 4 Terendam Banjir

Rabu, 21 Februari 2024 | 19:57 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-21T12:58:36Z
JEJAKINFORMASI.ID, Mandailing Natal - Tingginya curah hujan di wilayah Pantai Barat Mandailing Natal sejak selasa sore tanggal 20 Februari 2024 mengakibatkan banjir pada sejumlah titik di kawasan pemukiman warga khususnya di Kecamatan Lingga Bayu, tepatnya di Kelurahan Simpang Gambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Luapan anak sungai Aek Guo Lingkungan 4 Kelurahan Simpang Gambir terjadi akibat intensitas hujan begitu deras sehingga merendam wilayah Pemukiman warga dengan ketinggian bervariasi,bahkan debit air ada yang mencapai ketinggian 1 (satu) meter.

Salah satu warga inisial (MN) melalui awak media meminta perhatian Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dalam hal mengatasi permasalahan banjir yang bila hujan turun kerapkali mengundang banjir yang cukup mengkhawatirkan warga sekitar lingkungan 4 Kelurahan Simpang Gambir Kecamatan Lingga Bayu, Madina.
 
"Dimohon kepada Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal kiranya dapat membantu kami masyarakat simpang gambir khususnya Lingkungan 4 yang selalu terdampak banjir bila hujan turun agar dapat mencari solusi terbaik untuk kenyamanan kami yang selalu menjadi korban banjir, misalnya saja, andainya pemerintah dapat melakukan pengerukan pada anak sungai aek guo karena kondisi saat ini sudah begitu dangkal, mungkin lingkungan 4 akan terhindar dari banjir yang selalu melanda". Pinta MN.(21/02/24).

MN mengaku, jika hujan sudah mulai turun, warga lingkungan 4 mulai khawatir dan terpaksa harus siaga untuk mengantisipasi sewaktu-waktu debit air sungai aek guo naik ke pemukiman. Karena bila itu terjadi, warga terpaksa bergegas menyelamatkan barang-barang di rumah mereka masing-masing agar tidak terkena luapan air sungai.

bukan hanya lingkungan 4 saja yang terdampak banjir bila hujan deras melanda, menurut keterangan warga lainnya dihari yang sama, Jalan Lintas antara Desa Lobung dan Simpang Gambir juga sempat menghambat pengendara akibat air setinggi 50cm menggenangi badan jalan hasil luapan aek siguring, 

Atas peristiwa ini, warga berharap adanya perhatian khusus dari pemerintah dalam melakukan tindakan cepat  agar bila kedepannya hujan kembali turun tidak lagi menghantui warga yang selama ini sudah sering merasakan ketakutan bila musim sudah memasuki penghujan.
 
Reporter: Mulyadi P Jambak
TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita TerbaruUpdate