Notification

×

Iklan

Iklan

Dalam Audiensi Amnesty International Indonesia Memberikan Usulkan Terkait Isu HAM Pada KPU RI

Minggu, 10 Desember 2023 | 00:15 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-09T17:15:04Z

Jejakinformasi.id 
Jakarta (9/12) Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid dalam audensi bersama KPU RI memberikan usulan terkait isu HAM yang seharusnya dimasukkan ke dalam materi debat Capres-Cawapres 2024.



Ada tiga agenda HAM yang perlu di perhatikan dalam debat Capres-Cawapres Pertama pembahasan tentang kebebasan berekpresi.Usman menyoroti kasus dugaan intimidasi terhadap seniman oleh aparat keamanan yang kata nya sudah terjadi ada 400-an kasus dari Papua.Usman Hamid berpendapat bahwa undang-undang perlindungan kebebasan berekpresi perlu diangkat lagi agar seniman-seniman bisa berkarya tanpa takut di intimidasi.


Yang kedua adalah tentang akuntabilitas dan pertanggung jawaban aparat keamanan terhadap kasus-kasus yang terjadi.Menurut Usman Hamid ini tidak berlaku untuk kasus-kasus di beberapa wilayah saja,tapi kasus kekerasan yang terjadi saat pemilu atau saat hasil pemilu di persoalkan oleh masyarakat.

Yang ketiga terakhir pembahasan pentingnya mengenai pelanggaran HAM berat,Usman Hamid berharap Capres-Cawapres akan di pertanyakan mengenai kasus-kasus pelanggaran HAM berat di masa depan.Usman Hamid ingin pencegahan terhadap HAM menjadi salah satu fokus utama dalam debat Capres-Cawapres.




KPU RI sebelum nya sudah mengumumkan tema-tema debat Capres-Cawapres yang akan di gelar tahun 2024.Banyak topik menarik yang bakal dibahas dari Hukum,Ham,Pemerintahan,Pemberantasan Korupsi dan Penguatan Demokrasi sampai Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik,Hoaks,Intoleransi, Pendidikan Kesehatan pasca pandemi Covid 19 dan Ketenagakerjaan.



Dalam pembahasan di audensi KPU RI dan Amnesty International Indonesia dalam pembahasan nya mengangkat tiga isu terpenting yaitu Kebebasan Berekpresi Akuntabilitas Aparat Keamanan dan Pelanggaran HAM berat.



(JI.id Adi padilah)




TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita TerbaruUpdate