Notification

×

Iklan

Iklan

Kedepankan Nilai Edukasi, Satgas Yonif 310/KK Tumbuhkan Minat Berternak Pada Anak Di Perbatasan

Senin, 06 November 2023 | 21:29 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-06T14:29:50Z


Mabesbharindo.id Keerom ~ Pos Yuruf Satgas Pamtas Yonif 310/KK ajak siswa siswi SMPN 2 Web dan ajarkan budidaya entok untuk menumbuhkan minat generasi muda dalam berternak di Kampung Yuruf Distrik Web Kabupaten Keerom, Papua, Senin (6/11/2023)


Hal ini ungkapkan Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya di Markas Komado Taktis (Makotis) di Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, edukasi ini merupakan proses pembelajaran yang dapat dilakukan secara formal dan informal dengan tujuan meningkatkan pola pikir dan mengembangkan potensi pada siswa untuk mengenal sejak awal ternak yang ada di lingkungan sekitar yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan.

Lebih lanjut dikatakan Dansatgas, pemeliharaan unggas seperti entok dengan tempat yang masih relatif luas akan sangat mudah, dengan alam yang masih hijau di Kampung Yuruf, masalah pakan juga bisa ditekan dengan berbagai tumbuhan yang ada. Sehingga dengan memanfaatkan makanan dari lingkungan yang ada saat ini ternak dapat hidup dengan sehat.

"Penyuluhan berternak entok yang digelar anggota Pos Yuruf tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan kepada generasi muda tentang cara berternak unggas dengan hasil yang maksimal," jelas Dansatgas Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Sementara itu, Danpos (Komandan Pos) Yuruf Letda Agus Waluyo menambahkan edukasi yang dilakukan dengan menjelaskan secara rinci bagaimana cara merawat hewan ternak mulai dari pemilihan bibit, pemilihan pakan yang baik, penyediaan tempat bertelur dan perawatan ternak yang benar.

"Selain perawatannya yang mudah, daging dan telurnya dapat juga bernilai ekonomis baik untuk di konsumsi sendiri ataupun untuk dijual, mengingat harga per ekor unggas tersebut lumayan cukup tinggi disini," tambah Danpos.

Disisi lain, Piter Watae (15) mengungkapkan kegembiraannya dan ucapan terima kasihnya karena mendapatkan tambahan ilmu yang diberikan oleh Satgas Yonif 310/KK.

"Saya kira memelihara hewan ternak cukup dilepaskan begitu saja agar mencari makan sendiri, ternyata ada ilmunya juga to. Terima kasih abang-abang TNI, saya jadi tertarik untuk peliharanya dirumah," ucapnya dengan penuh senyuman.


Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita TerbaruUpdate